• Ust. Faishal Haq memberikan pembukaan pada Musyawarah Akbar LDK....
  • Lembaga Dakwah Kampus LDK STAIL Surabaya menyelengarakan musyawarah....
  • Penyampaian materi oleh Ust. Alwi di Aula Rahman Rahmat Pesantren Hidayatullah Surabaya
  • Mahasiswa STAIL Hidayatullah Surabaya hadir dalam....
  • Pada hari Rabu 12/12/12, LDK STAIL mengadakan orientasi ke-LDK-an yang bertempat di kantor Pusat Dakwah.
  • Dalam rangka membangun kembali semangat kepemudaaan Hidayatullah...
  • Membahas Program Kerja tiap-tiap BO
  • Membahas Program Kerja tiap-tiap BO
  • Berbagi pengalaman program kerja LDK ITS dan STAIL
  • Berbagi pengalaman program kerja LDK ITS dan STAIL

Rabu, April 07, 2010

LDK STAIL silaturrahim ke JMMI ITS


Pada hari ahad tanggal 28 maret 2010, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) STAIL mengadakan kunjungan  ke LDK ITS yang bernama  Jama'ah Masjid manarul 'Ilmi
(JMMI) ITS  dalam rangka silaturrahim dan sharing program kerja. Agenda ini merupakan Program Kerja (Proker ) Departemen Dakwah LDK STAIL yang bertujuan terciptanya ukhuwah Islamiyah antara aktivis LDK STAIL dan aktivis LDK-LDK se surabaya serta terciptanya akselerasi dakwah kampus.

Rencana awal, silaturrahim diadakan dengan melibatkan ikhwan dan akhwat. Namun karena berbagai hal, akhirnya silaturrahim hanya diadakan oleh ikhwan. Sedangkan untuk akhwatnya direncanakan menyusul di lain waktu.

Ketika tiba di serambi masjid manarul 'Ilmi, pengurus LDK STAIL yang terdiri dari semester VI dan semester  IV disambut hangat oleh pengurus JMMI ITS. Sebelum sharing dimulai, masing-masing anggota LDK, baik dari LDK STAIL maupun JMMI ITS saling memperkenalkan diri (ta'aruf). Hal itu bertujuan agar ukhuwah semakin kuat setelah saling kenal. Seperti pepatah yang mengatakan, "tak kenal maka tak sayang". Dalam ta'aruf tersebut, masing-masing orang tidak hanya diminta untuk memperkenalkan nama dan jabatan di LDK, tapi juga hal-lain tentang dirinya. Seperti asal daerah, tahun masuk kampus, dll.

Sharing dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan dari LDK STAIL tentang struktural dan program kerja di JMMI ITS. Dalam penjelasannya, akh Mufti selaku Sekretaris Umum (Sekum) JMMI ITS memberi rincian secara detail struktural  JMMI ITS beserta program kerjanya . Di JMMI ITS, katanya, ada 4 departemen dan setiap departemen memiliki beberapa divisi. Departemen Syiar dan Keummatan (DSU), misalnya, memiliki 3 divisi, yaitu  divisi Syiar Kampus (Syika), divisi Kepedulian Ummat (KU) dan divisi Program Kakak Asuh (PKA). Masing-masing divisi memiliki program kerja yang berbeda-beda. Sekedar contoh, untuk divisi Syika ada kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap ahad pagi, yang diberi nama "Sunday Morning Spirit" (SMS). Dalam kegiatan itu, dibahas kitab-kitab berbahasa arab yang diisi oleh ustadz-ustadz yang handal di bidangnya. Uniknya, di antara ustadz-ustadz yang rutin mengisi kegiatan tersebut adalah ustadz-ustadz dari pesantren Hidayatullah Surabaya, yaitu ustadz Abdul Kholiq, ustadz Marni Mulyana dan ustadz Baihaqi.

Selain Departemen Syiar dan Keummatan (DSU), JMMI ITS memiliki 3 departemen lainnya, yaitu Departemen Jaringan, Departemen PPSDM, dan Departemen Keputrian. JMMI ITS juga memiliki 2 badan khusus yag bersifat semi otonom, yaitu Badan Pelaksana Mentoring (BPM) dan tim Pusat Komunikasi (Puskom).

Setelah panjang lebar menjelaskan tentang JMMI ITS, pengurus JMMI ITS balik bertanya tentang struktural dan program kerja LDK STAIL. Para pengurus LDK STAIL pun menjelaskan struktural dan program kerja LDK STAIL. Berbeda dengan JMMI ITS, LDK STAIL memiliki 6 departemen yang terdiri dari Departemen Dakwah, Depertemen Tarbiyah, Depertemen Pusat Kajian Islam Mahasiswa (PKIM), Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom), Departemen PPSDM, dan Departemen Keputrian. Namun, masing-masing departemen tidak memiliki divisi-divisi sebagaimana di JMMI ITS. Selain itu, LDK STAIL juga tidak memiliki badan khusus yang bersifat semi otonom.


Dijelaskan pula, bahwa kalau  program unggulan di JMMI ITS adalah Sunday Morning Spirit (SMS) yang mengkaji kitab-kitab karya ulama klasik, maka di LDK STAIL yang menjadi program  unggulan adalah kajian Rutin Mahasiswa (KARUMAH) yang mengkaji seputar pemikiran Islam dan isu-isu terbaru di dunia Islam. Hal itu dikarenakan, untuk kajian kitab karya ulama klasik sudah ada di program kepengasuhan yang memang diwajibkan untuk seluruh mahasiswa STAIL.

Sebelum ditutup, ketua JMMI ITS, akh Hasan, mengatakan, "akh, di JMMI ITS kekurangan mentor.Dari STAIL siap nggak jadi mentor???".Mendengar pertanyaan tersebut para pengurus LDK STAIL tersenyum sambil berkata, "insyaAllah akh...."   (beritaLDKSTAIL/ldk-stail.blogspot.com)

1 komentar:

Cbox

Pengikut